Cara Menghargai Orang Lain

Posted: Oktober 25, 2010 in Uncategorized

Menghargai orang lain dalam kehidupan masyarakat sangat dibutuhakan dengan alasan supaya kehidupan menjadi lebih baik. Mengapa demikian? Karena dengan menghargai orang lain Anda pun akan dihargai. Mau bukti? Ikuti lah cara-cara berikut:

  1. Menghargai Karyanya
  2. Seseorang akan senag jika karyanya dihargai. Sehingga orang tersebut pasti akan memberikan sebagian dari hasil karyanya orang-orang yang menghargai dia atau dengan kata lain orang tersebut juga menghargai orang-orang yang menghargai dia. Bagaiamana cara menghargai karya seseorang? Ya, cukup dengan membeli karyanya (jika dijual) yang orisinil atau menonton karyanya (jika dipublikasikan).

  3. Menghargai Pekerjaannya
  4. Biasanya seseorang selalu meremehkan pekerjaan orang lain dari sudut pandang tinggi/rendahnya gaji/penghasilan yang didapat. Itu merupakan tindakan yang tidak baik. Menurut saya, sikap menghargai pekerjaan orang lain sangat membantu Anda dalam hal lain. Misalnya Anda seorang atasan dari perusahaan yang Anda dirikan, pastinya membutuhkan karyawan. Otomatis Anda harus menghargai karyawan Anda meskipun mereka adalah bawahan. Wujudnya adalah dengan memberikan gaji yang layak atas pekerjaannya. Hal itu dilakukan supaya perusahaan Anda mencapai tujuan yang diinginkan. Dan jika Anda melakukan itu pasti karyawan Anda akan membalas dengan menghargai Anda juga, wujudnya adalah mereka akan bekerja lebih giat lagi dan setiap harinya mereka menyapa Anda.

  5. Menghargai Pendapatnya
  6. Pendapat atau opini sangat dibutuhkan dalam suatu musywarah. Supaya musyawarah itu berjalan dengan baik dan semua orang yang menghadiri merasa dihargai. Supaya itu tercapai tentunya haruslah menghargai setiap pendapat setiap orang di sana. Dan janganlah menyalahkan pendapatnya, jika Anda kurang setuju Anda dapat menambahkan pada kalimat Anda seperti: alangkah baiknya…; ditambahkan dengan…; dan lain-lain(yang sekiranya sopan).

  7. Menghargai Waktu
  8. Ketepatan Anda dalam menghadiri suatu acara tertentu membuat si pembuat acara merasa dihargai. Ini membuktikan Anda orang yang tepat waktu dan sangat menghargai waktu sehingga secara tidak langsung Anda juga menghargai si pembuat acara.

  9. Tidak Memotong Pembicaraan Orang Lain
  10. Ketika ada seseorang berkata dengan orang lain dan Anda mempunyai keperluan dengan salah satu dengan mereka sebaiknya Anda jangan memotong pemicaraan mereka secara langsung. Karena itu membuat salah satu dari mereka merasa tidak dihargai. Lebih baik Anda menunggu sampai ada jeda/keadaan henti sesaat baru Anda meminta waktu untuk berbicara dengan salah satu dari mereka dengan izin yang sopan.

  11. Tegur Sapa
  12. Budaya tegur sapa ini perlu dilestarikan dengan tujuan mempererat tali silahturahmi yang pernah hilang sebelumnya dan untuk menunjukkan Anda meninggalkan tempat keberadaan Anda (alias pamit).

Enam cara di atas akan sangat membantu Anda untuk menghargai orang lain bagi yang tak tahu caranya. Dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s